Oleh: Lisa Hasti Palupi
“Bersungguh-sungguhlah engkau dalam menuntut ilmu, jauhilah kemalasan dan kebosanan kerana jika tidak demikian engkau akan berada dalam bahaya kesesatan“.- Imam Al Ghazali.
Tahukah kamu di tengah mewahnya fasilitas pendidikan yang ada di perkotaan, terdapat mirisnya fasilitas pendidikan di daerah pelosok. Jangankan kelas berbasis digital dengan penuh ke modern an seperti sekolah di Ibu Kota, dinding serta atap yang kokoh pun belum tentu ditemukan di daerah sana. Pendidikan di kota dan di pelosok memang bak langit dan bumi, yang keglamoran antara keduanya sangat bertolak belakang. Pendidikan pelosok masih membutuhkan perhatian dari berbagai pihak dan kalangan.
Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam pembangunan suatu negara. Melalui pendidikan yang merata dan berkualitas, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat serta mengurangi kesenjangan sosial. Namun, kenyataannya masih banyak daerah di Indonesia yang belum mampu menyediakan akses pendidikan yang merata dan berkualitas bagi seluruh warganya.
Tantangan dalam mewujudkan pendidikan yang merata dan berkualitas di Indonesia sangatlah kompleks. Masalah pendidikan di Indonesia tidak hanya terkait dengan infrastruktur, namun juga terkait dengan kurangnya kualitas tenaga pendidik, kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas, serta minimnya perhatian dari pemerintah dalam memajukan sektor pendidikan. Pemerintah harus bertindak tegas dan cepat dalam mengatasi masalah tersebut. Jika tidak, generasi penerus bangsa akan sulit bersaing dengan anak-anak luar karena minimnya ilmu dan keahlian. Hal ini hanya akan mengakibatkan angka pengangguran di Indonesia semakin meningkat.
Selain pemerintah, mahasiswa yang dikenal sebagai generasi perubahan (agent of change) juga jangan buta dan tuli, apalagi menutup diri. Gerakan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, atau akrab disapa IMM harus bisa membantu permasalahan ini. IMM dengan semboyannya “Fastabiqul khairat” berlomba-lomba dalam kebaikan, seyogyanya harus bisa memberikan kontribusi dalam upaya membangun pendidikan di Indonesia.
Di tengah kondisi yang demikian, IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) hadir sebagai organisasi yang memiliki peran penting dalam mewujudkan pendidikan yang merata dan berkualitas di Indonesia. IMM memiliki program-program yang ditujukan bagi masyarakat yang kurang mampu dalam mengakses pendidikan. Melalui program beasiswa dan bantuan pendidikan, IMM berupaya untuk mengurangi kesenjangan sosial di bidang pendidikan dan memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh warga negara.
Selain meningkatkan kualitas pendidikan, perlu juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Pendidikan tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga membuka peluang karir yang lebih baik serta memberikan kesempatan untuk meningkatkan taraf hidup. Dalam hal ini, IMM juga memiliki peran penting sebagai agen perubahan yang dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pendidikan.
Dalam upaya mewujudkan pendidikan yang merata dan berkualitas, tidak dapat dipungkiri bahwa peran IMM sangat penting. Sebagai organisasi mahasiswa yang peduli terhadap pendidikan, IMM harus mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dan memainkan peranannya dengan baik. IMM harus mampu menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri dan berkontribusi bagi masyarakat.
IMM harus mampu menjadi organisasi yang proaktif dalam mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan-permasalahan yang terkait dengan pendidikan. Dalam hal ini, IMM harus mampu bekerja sama dengan berbagai pihak dan mengambil inisiatif untuk mengatasi masalah-masalah yang ada. Dalam hal ini, IMM juga harus mampu membentuk kader-kader yang berkualitas dan peduli terhadap pendidikan.
Mewujudkan pendidikan yang merata dan berkualitas memang merupakan tantangan yang besar, namun bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai. Dalam hal ini, IMM memiliki peran penting sebagai agen perubahan dan pihak yang peduli terhadap pendidikan. Namun, seluruh pihak, baik pemerintah, masyarakat, lembaga pendidikan, maupun sektor swasta perlu bekerja sama dan bersinergi untuk mencapai tujuan tersebut agar tercipta negara yang maju dan sejahtera. Dengan kerja sama dan peran aktif IMM, diharapkan Indonesia dapat memiliki pendidikan yang merata dan berkualitas sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di tingkat global. Dalam hal ini, IMM dapat berperan sebagai mediator antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat dalam upaya meningkatkan aksesibilitas terhadap pendidikan. IMM dapat mengusulkan berbagai program yang dapat membantu meningkatkan aksesibilitas terhadap pendidikan di daerah-daerah tertentu, seperti program beasiswa, program pemberian alat pendukung belajar, dan program mentoring atau tutorship.
Selain itu, IMM juga harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren yang ada. IMM harus mampu memanfaatkan teknologi untuk mempercepat dan mempermudah proses belajar-mengajar, seperti e-learning dan video conference. IMM dapat bekerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan dan sektor swasta untuk mengembangkan teknologi-teknologi yang dapat mempermudah proses pembelajaran.
Dalam menjalankan perannya sebagai agen perubahan dan pihak yang peduli terhadap pendidikan, IMM juga harus memperhatikan etika dan tata nilai yang baik. IMM harus mampu menghindari segala bentuk tindakan yang dapat merugikan orang lain dan bertentangan dengan nilai-nilai kejujuran dan kesetaraan. IMM harus mampu mengedepankan etika yang baik dalam setiap tindakan dan kegiatan yang dilakukan. Dengan demikian, IMM dapat menjadi panutan bagi mahasiswa lainnya dan masyarakat dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat yang baik dan benar.
Melalui peran dan fungsi yang diemban oleh IMM, diharapkan dapat membantu mewujudkan pendidikan yang merata dan berkualitas. IMM dapat melakukan berbagai kegiatan yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan bakat mereka, sehingga dapat menjadi lulusan yang berkualitas dan dapat memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan nasional.
DAFTAR PUSTAKA
- https://suaramuhammadiyah.id/2023/05/02/pendidikan-merata-dan-berkualitas-tantangan-dan-peran-imm/
- https://kumparan.com/asep-suryana-1645017922468673529/ikatan-mahasiwa-muhammadiyah-peran-kader-dalam-mengatasi-masalah-pendidikan-1xWbW1gWMhs